Candi Gunung Wukir

Senin, 30 Juni 2008

Candi Gunung Wukir atau Candi Canggal adalah candi Hindu yang berada di dusun Canggal, kalurahan Kadiluwih, kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah. Candi ini tepatnya berada di atas bukit Gunung Wukir dari lereng gunung Merapi pada perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Menurut perkiraan, candi ini merupakan candi tertua yang dibangun pada saat pemerintahan raja Sanjaya dari zaman Kerajaan Mataram Kuno, Kompleks dari reruntuhan candi ini mempunyai ukuran 50 m x 50 m terbuat dari jenis batu andesit, dan di sini pada tahun 1879 ditemukan prasasti Canggal yang banyak kita kenal sekarang ini. Selain prasasti Canggal, dalam candi ini dulu juga ditemukan altar yoni, patung lingga (lambang dewa Siwa), dan arca lembu betina atau Andini.

Di candi ini pada bangunan utama dari empat bangunan yang ada ditempatkan suatu arca yoni yang melambangkan wanita dengan ukuran cukup besar. Kini keempat bangunan candi ini hanya tinggal dasar bangunan sehingga kelihatan menyerupai altar. Bila melihat sekitar bangunan itu bisa dijumpai reruntuhan batu candi yang menjadi dinding dari keempat bangunan candi itu.

Lingga yang seharusnya tertancap di yoni dan menjadi simbol pria juga sudah tidak terlihat. Beberapa lingga berserak di sekitar bangunan candi. Selain lingga dan yoni, arca lembu betina atau andini juga ditemukan di situs candi itu.

Prasasti yang menggunakan angka tahun untuk pertama kali dijumpai pada prasasti Canggal berangka tahun 654 Saka atau 732 M. Prasasti ini ditemukan di lokasi situs Candi Gunung Wukir. Prasasti itu menceritakan pertama kali candi itu dibangun. Benih kebudayaan India itu disemaikan di lahan yang tepat dan subur. Kesuburan ini ditandai dengan situs candi yang selalu berlokasi di wilayah pertanian subur.


Sumber: supra22.blogspot.com ; Wikipedia

0 Uneg-uneg: